Image of PROSIDING : VALIDITAS KONSTRUK TES PENGUKUR PERKEMBANGAN KEMAMPUAN LISTENING
SISWA SMA/MA DENGAN ANALISIS FAKTOR KONFIRMATORI (CFA)

Text

PROSIDING : VALIDITAS KONSTRUK TES PENGUKUR PERKEMBANGAN KEMAMPUAN LISTENING SISWA SMA/MA DENGAN ANALISIS FAKTOR KONFIRMATORI (CFA)



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas konstruk tes yang digunakan untuk mengukur
perkembangan kemampuan listening siswa SMA/MA. Terdapat tiga tes listening yang sebelumnya telah
disusun, yaitu tes listening untuk kelas X, XI, dan XII. Tes listening ini dikembangkan berdasarkan konstruk
kemampuan listening dari Bachman (1990) dan Buck (2001). Tes listening yang telah dirancang selanjutnya
diuji coba secara terbatas kepada 183 siswa kelas X, 164 siswa kelas XI, dan 178 siswa kelas XII sebelum
digunakan dalam proses pengumpulan data. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan analisis faktor
konfirmatori (CFA) untuk mengkonfirmasi sejauh mana keterwakilan variabel laten pada butir penyusun
tes. Hasil analisis CFA menunjukkan bahwa masing-masing tes listening kelas X, XI dan XII mengukur 4
kemampuan, yaitu (1) menentukan ide pokok sebagai manifestasi dari kemampuan memahami makna
teks, (2) menentukan tujuan teks sebagai manifestasi dari kemampuan memahami makna bahasa secara
utuh, (3) mengidentifikasi informasi detil sebagai manifestasi dari kemampuan memahami makna bahasa,
dan (4) menentukan respons dari teks yang disimak sebagai manifestasi kemampuan menyimak
komunikatif. Meskipun demikian, terdapat 1 butir tes kelas X dan 3 butir tes kelas XI yang memiliki nilai
factor loading di bawah 0,3 sehingga dilakukan perbaikan dengan menyederhanakan stem, mengganti diksi,
dan mengubah kalimat pasif pada stem menjadi aktif.

Kata kunci: CFA, validitas konstruk, tes listening

ABSTRACT
This study aims to examine the construct validity of listening tests which are used to measure the
improvement of students‘ listening skill. There are three listening tests to be tested for students Grade X,
XI, and XII. The tests were designed based on construct of listening ability proposed by Bachman (1990)
and Buck (2001). The designed tests then were tried out to 183 students of Grade X, 164 students of Grade
XI, and 178 students of Grade XII. The try out data were analyzed using confirmatory factor analysis
(CFA) to examine the extent to which the representation of latent variables constructing the tests by the
tests items. Results show that each of listening test (test for Grade X, XI, and XII) measure four of latent
variables; i.e., define the main idea as a manifestation of the ablity to understand the text, define the
purpose of text as a manifestation of the ability to understand the meaning of language as a whole, define
the detail information as a manifestation of the ability to understand the meaning of language in details,
and define the respons of the text as a manifestation of the ability to listen communicatively. Nevertheless,
there was an item of listening test for grade X and 3 items of listening test for grade XI have standardized
loading factor (SLF) value less than 0,3 so that the revisions were made to those items by simplifying the
stem, changing the diction, and changing the passive to active voice.

Keywords: CFA, construct validity, listening test


Ketersediaan

SR110223prosidingLantai 1 - Koleksi UmumTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
prosiding
Penerbit Universitas Jenderal Soedirman : Purwokerto.,
Deskripsi Fisik
8 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-465-027-3
Klasifikasi
prosiding
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini