Image of PROSIDING : PETA PENGUASAAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA
SD/MI

Text

PROSIDING : PETA PENGUASAAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SD/MI



ABSTRAK
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran penting dalam pendidikan, karena mata pelajaran ini
dipelajari dari jenjang pendidikan anak usia dini, hingga pendidikan tinggi. Oleh karena itu pemetaan
penguasaan kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan
pembelajaran yang lebih baik lagi khususnya pada kompetensi yang masih lemah. Penelitian ini bertujuan
untuk memperoleh pemetaan terhadap kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan hasil
Ujian nasional Berstandar Nasional melalui dua aspek yaitu lingkup materi uji dan level kognitif.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif. Penentuan
penguasaan kompetensi, akan digunakan persentase pencapaian kompetensi. Penelitian ini menganalisis
data sekunder berupa jawaban USBN Bahasa Indonesia tahun 2019 dari 11.600 siswa SD/MI di
Kabupaten Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh fakta, pertama penguasaan materi yang
masuk dalam kategori cukup adalah membaca non sastra dengan penguasaan kompetensi sebesar 68%,
menulis terbatas sebesar 64%, dan menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraph, ejaan dan tanda
baca sebesar 62%, sedangkan membaca sastra dengan persentase 75% masuk kategori baik. Kedua,
berdasarkan level kognitif yang diujikan, penguasaan kompetensi pada dimensi pengetahuan dan
pemahaman sebesar 75%, dimensi aplikasi sebesar 68%, dan dimensi penalaran sebesar 59%, hasil ini
menunjukkan bahwa fasilitasi guru dalam dimensi kognitif yang lebih tinggi perlu ditingkatkan lagi.

Kata kunci: bahasa Indonesia, lingkup materi, dimensi kognitif

ABSTRACT
Indonesian is an important subject in education because this subject is studied from early childhood
education to higher education. Therefore, mapping the mastery of Indonesian language subject
competencies is needed to prepare for better learning, especially for weak competencies. This study aims to
obtain a mapping of the competence of Indonesian subjects based on the results of the National
Standardized National Examination through two aspects, namely the scope of the test material and the
cognitive level. This research is quantitative, using descriptive analysis. Determination of mastery of
competence and the percentage of competence achievement will be used. This study analyzed secondary
data in the form of Indonesian Language USBN answers in 2019 from 11,600 SD/MI students in the
Temanggung Regency. Based on the results of the study, it was obtained facts, firstly, mastery of material
that is included in the sufficient category is non-literary reading with 68% mastery of competence, limited
writing of 64%, and editing of words/terms, phrases, sentences, paragraphs, spelling, and punctuation by
62%. , while reading literature with a percentage of 75% is in a good category. Second, based on the
cognitive level tested, the mastery of competence in the knowledge and understanding dimensions is 75%,
the application dimension is 68%, and the reasoning dimension is 59%, these results indicate that teacher
facilitation in higher cognitive dimensions needs to be improved.

Keywords: Indonesian language, material scope, cognitive dimension


Ketersediaan

SR110323prosidingLantai 1 - Koleksi UmumTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
prosiding
Penerbit Universitas Jenderal Soedirman : Purwokerto.,
Deskripsi Fisik
6 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-465-027-3
Klasifikasi
prosiding
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini