No image available for this title

Text

LITERASI KEISLAMAN ANAK-ANAK MARJINAL PADA KOMUNITAS FORUM ANAK DESA DI GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA



Abstract
Islamic literacy tourism for marginalized children at children's forum community located in
Gondokusuman is a process of seeking information and knowledge by reading existing social
conditions and then carrying out activities to improve social and intellectual skills. The
Village Children's Forum is a community consisting of a group of students from various high
schools who long for a safe environment of a rural village. They feel that there is a gap between
Islamic education and general education. The purpose of this study was to determine the
implementation of Islamic achievements of literacy carried out by the Village Children's Forum
Community for marginalized children in Ledok Village. The approach used in this study is a
phenomenological approach through interviews, observation and documentation and then
analyzed through three stages, namely data reduction, descriptive or orientation stage, and
selection stage. The implementation of Islamic religious education literacy is carried out with
Islamic story programs as well as moral and moral studies in the form of Islamic stories and video
screenings, reflections in the form of giving advice through words that touch the heart
accompanied by relaxation music, enjoy traveling by bicycle to teach children-children to be able
to love the environment. The results of these activities show that children can understand several
short Surahs and daily prayers, have a polite attitude, and also have an attitude of tolerance.

Abstrak
Literasi Keislaman anak-anak marjinal pada kumunitas forum anak desa
gondokusuman merupakan sebuah proses kegiatan mencari informasi pengetahuan
dengan cara membaca kondisi sosial yang ada, dan selanjutnya melakukan kegiatankegiatan untuk meningkatkan kecakapan sosial dan intelektual. Komunitas Forum
Anak Desa (FAD) adalah komunitas yang berasal dari sekumpulan mahasiswa dari
berbagai sekolah tinggi yang rindu akan kehidupan desa. Mereka merasa adanya
kesenjangan antara Keislaman dengan pendidikan umum. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pelaksanaan Keislaman dan hasil capaian dari leterasi yang di
lakukan oleh Komunitas Forum Anak Desa (FAD) pada anak-anak marjinal di
Kampung Ledok. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan
fenomenologis dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi
kemudian dianalisis melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, tahap deskriptif atau
tahap orientasi, dan tahap seleksi. Pelaksanaan literasi Keislaman dilakukan
dengan program cerita Islami serta kajian akhlak dan moral berupa cerita dan
pemutaran video Islami, renungan yang berupa pemberian nasihat lewat kata-kata
yang menyentuh hati dengan di iringi musik relaksasi, rihlah dengan melakukan
perjalanan menggunakan sepeda guna mengajarkan anak-anak untuk dapat mencintai
lingkungan. Hasil dari kegiatan tersebut adalah anak-anak dapat memahami beberapa
surat-surat pendek dan doa sehari-hari, Anak-anak memiliki sikap santun, Anak-anak
memiliki sikap toleransi dan sebagainya.
Kata Kunci: Agama Islam, Media Sosial, Milenial


Ketersediaan

202210LPJ20229Lantai 1 - Koleksi UmumTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
LPJ2022
Penerbit LPPM IIQ An Nur Yogyakarta : Bantul.,
Deskripsi Fisik
15 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini