No image available for this title

Text

LAPORAN HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI BIMBINGAN PRIBADISOSIAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA MASYARAKAT”



Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan media sosial saat ini telah
dijadikan budaya konsumsi masyarakat untuk memehuhi kebutuhan sehari-hari. Tujuan
penelitian untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sosial sebagai bimbingan
pribadi-sosial dan pengaruhnya terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan pada masyarakat.
Pendekatan penelitian menggunakan quantitative research dengan metode survei via mobile.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2020 dengan lokasi di Kabupaten
Gunungkidul,. Sampel penelitian sebanyak 400 responden diambil melalui Multistage
Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan survei via mobile, kuisioner, dan
wawancara. Analisis data menggunakan aplikasi survei (alvara-analytic). Hasil
penelitian diperoleh temuan (1) masyarakat melek digital dan aktif menggunakan media
sosial sebagai kebutuhan sehari-hari; (2) media sosial efektif dapat digunakan sebagai
media atau cara untuk membimbing diri (pribadi) dan orang lain (sosial) masyarakat
dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan. Hasil penelitian ini berkontribusi sebagai
bahan pengayaan tentang penanaman nilai-nilai keagamaan berbasis media sosial.
Kata Kunci: Media Sosial, Nilai-nilai Keagamaan, Bimbingan Pribadi-Sosial


Ketersediaan

20206LPJ20206Lantai 1 - Koleksi UmumTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit LPPM IIQ An Nur Yogyakarta : Bantul.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Laporan
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini