No image available for this title

Text

GAYA BELAJAR SISWA KELAS III A DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 3 BANTUL YOGYAKARTA



Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa, strategi
guru dalam pengajaran berdasarkan gaya belajar siswa, dan implikasi gaya belajar
siswa dalam pembelajaran Tematik di kelas III A MIN 3 Bantul Yogyakarta. Penelitian
dilakukan menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field
research), teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi
dan wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan model Sirkuler Sugiyono yakni
tahap deskriptif, tahap reduksi dan tahap seleksi. Hasil analisis data yang diperoleh
adalah: 1) Gaya belajar siswa di kelas III MIN 3 Bantul terdapat enam jenis gaya
belajar, yakni gaya belajar verbal, aural, kinestetik, visual, logikal, dan sosial. Dari
keenam gaya belajar siswa tersebut, frekuensi gaya belajar siswa yang mendominasi
adalah gaya belajar kinestetik. 2) Ada beberapa strategi khusus dari guru dalam
pengajaran berdasarkan gaya belajar siswa kelas III A dengan menyesuaikan kelaskelas mereka. 3). Implikasi gaya belajar siswa di kelas III A MIN Bantul dalam
pembelajaran Tematik terdapat dua hal, yakni menggunakan ilmu jiwa dalam
penerapan gaya belajar siswa dan pentingnya mengetahui gaya belajar siswa.
Kata kunci: gaya belajar, siswa, pembelajaran Tematik


Ketersediaan

20215J20215Lantai 1 - Koleksi UmumTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit LPPM IIQ An Nur Yogyakarta : Bantul.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini